Ketiga Jarum Jam Tidak Pernah Saling Berjarak Sama

Ini hanya hitung-hitungan sederhana karena rasa penasaran terhadap jarum jam. Apakah ketiga jarum jam (detik, menit, dan jam) pernah berjarak sama? Jika ya, maka pada jam, menit, dan detik berapa ketiga jarum tersebut terpisah pada jarak yang sama?

Hal pertama yang paling mudah adalah menentukan jarak ketiga jarum tersebut satu sama lain. Jam berbentuk lingkaran dan lingkaran memiliki sudut 360 derajat. Sudut tersebut dibagi rata untuk jarak tiga jarum jam yang sama, maka didapatkan 120 derajat. Artinya, jarum jam dan jarum menit berjarak 120 derajat, begitu pula antara jarum menit dan jarum detik, serta antara jarum detik dan jarum jam.

Kedua, sudut pergerakan jarum jam, menit, dan detik untuk setiap satuan waktu terkecil harus dapat ditentukan. Sehingga, perhitungan untuk seluruh kondisi waktu dapat dilakukan. Satuan waktu terkecil dalam perhitungan ini adalah satu detik. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut.

  1. Untuk jarum detik, ia akan bergerak 60 kali (detik) dalam satu putaran, yang berarti setiap satu detik jarum tersebut bergerak sebesar 360/60 = 6 derajat.
  2. Untuk jarum menit, ia akan bergerak 60 kali (menit) dalam satu putaran, yang berarti setiap satu menit jarum tersebut bergerak sebesar juga 6 derajat. Adapun pergerakan jarum menit setiap detiknya dapat ditentukan dengan membaginya lagi dengan angka 60 (detik/menit), maka besar sudut yang dihasilkan oleh jarum menit setiap satu detik adalah 6/60 = 0,1 derajat.
  3. Untuk jarum jam, ia akan bergerak 12 kali (jam) dalam satu putaran, yang berarti setiap satu jam jarum tersebut bergerak 360/12 = 30 derajat. Adapun pergerakan jarum jam setiap menitnya dapat ditentukan dengan membaginya lagi dengan angka 60 (menit/jam), maka besar sudut yang dihasilkan oleh jarum jam setiap satu menit adalah 30/60 = 0,5 derajat. Kemudian, pergerakan jarum jam setiap detiknya dapat ditentukan dengan membaginya lagi dengan angka 60 (detik/menit), maka besar sudut yang dihasilkan oleh jarum jam setiap satu detik adalah 0,5/60 = 0,00833.. derajat.

Standar-standar di atas memberikan kemudahan ketika melakukan perhitungan secara menyeluruh, setiap detik dalam 12 jam. Hasilnya? Tidak ada satu detik manapun yang memiliki kondisi ketiga jarum saling berjarak sama (120 derajat). Silakan dibuktikan sendiri jika penasaran atau tidak percaya.

Cimahi, 18 April 2012

Rama Permana

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s