Resensi Indonesia Militan, A. Riawan Amin

Buku penyerang balik orang-orang Indonesia yang tidak memiliki kemauan untuk memperbaiki kondisi negara. Kurang dari dua ratus halaman, buku ini menyoroti masalah-masalah kontemporer yang ada di Indonesia. Judul buku tersebut sebenarnya Indonesia MIKR. Istilah itu ia (penulis-red) ambil-mungkin-dari karyanya yang lain, The Celestial Management ZIKR PIKR MIKR (Manajemen Langit; Zero base, Iman, Konsisten, Result Oriented; Power, Information, Knowledge, Reward; Militan, Intelek, Kompetitif, Regeneratif).

Buku ini baru saya baca, padahal sudah ada di perpustakaan pribadi sejak awal tahun ini. Bermula dari cerita The Founding Fathers, buku ini menyentil pihak yang-dirasa-tidak berpihak pada kesejahteraan rakyat. Semangat Soekarno dan kesederhanaan Hatta menjadi sajian pembuka dari buku ini. Setelah itu, mulailah buku ini membahas keganjilan-keganjilan yang seharusnya bisa dihindari. Diantaranya adalah menghilangkan budaya kemeja dan dasi (contoh dari Jepang) serta melenyapkan rokok. Contoh-contoh tersebut tentunya dilengkapi dengan analisis perhitungan yang jelas.

Bagian selanjutnya dari buku ini membahas tentang ekonomi Indonesia yang pada akhirnya berujung pada pengguliran ekonomi syariah. Dilengkapi dengan bukti nyata, seperti FDR (Financing to Deposits Ratio) atau NPL (Non Performing Loan) dari bank konvensional yang dibandingkan dengan bank syariah. Walaupun dalam buku ini disebutkan bahwa tidak harus semua orang terjun memperbaiki ekonomi Indonesia, tetapi pada kenyataannya hampir setengah dari isi buku ini berisi tentang masalah dan solusi praktis ekonomi.

Cimahi, 21 Agustus 2009

Rama Permana
Mahasiswa IT Telkom
Fakultas Elektro dan Komunikasi
Teknik Telekomunikasi 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s