Seminar Blogging Mutiara Hikmah

Ahad, 13 September 2009, Masjid Mutiara Hikmah (MH), masjid dekat rumah saya mengadakan seminar blogging untuk umum. Bertempat di ruang baru masjid, acara tersebut dimulai pada pukul 11.00. Panitia Ramadhan 1430 H mengundang langsung pembicara dari Telkom Speedy. Para peserta dipinjamkan sebanyak 20 laptop sebagai sarana untuk mengikuti seminar. Fasilitas hotspot masjid yang memiliki kecepatan hingga 2 Mbps dimanfaatkan sebagai koneksi internet para peserta.

Pembicara mengawali seminar dengan menjelaskan cara membuat e-mail. Ternyata, para peserta yang mayoritas masih setingkat SMP itu banyak yang sudah memiliki alamat e-mail. “Luar biasa, dahulu mungkin anak seusia SMP yang sudah memiliki e-mail tidak sebanyak ini,” gumam saya dalam hati. Mas Eko, sang pembicara, akhirnya langsung menjelaskan cara membuat blog.

Ia mengajari para peserta untuk membuat blog di blogdetik, blog yang berbasis wordpress. Sekilas, tampilan dasbornya memang sama dengan wordpress, namun opsinya jelas tidak sebanyak dan selengkap wordpress. Tetapi, untuk pemula, belajar mulai dari blogdetik memang tidak bermasalah. Saya, yang sudah memiliki akun blog di blogdetik, tidak membuat akun baru. Saya sunting blog lama itu sesuai arahan pembicara.

Setelah rehat shalat dzuhur, penyuntingan blog dilanjutkan kembali. Kali ini, peserta diajak untuk menghias blognya masing-masing semenarik mungkin. Peserta saat itu berjumlah tidak kurang dari 30 orang, mulai dari anak seusia SD, SMP, SMA, mahasiswa (seperti saya), maupun orang tua. Inilah salah satu cara panitia untuk membuat MH selalu ramai di bulan Ramadhan, inovatif!

Cimahi, 15 September 2009
Rama Permana
Mahasiswa IT Telkom
Fakultas Elektro dan Komunikasi
Teknik Telekomunikasi 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s