B Untuk Tiga Semester Bersama Kalkulus dan Keluarga Jondri

Delapan belas bulan yang lalu, tepatnya saat saya merasakan detik pertama kegiatan belajar mengajar di kampus putih biru, IT Telkom, saya harus masuk jam 7 pagi tepat. Mata kuliah yang akan saya pelajari saat itu, sesuai jadwal, adalah Kalkulus I. Tidak terlalu lama dari perkenalan, saya langsung menempuh perjalanan pertama dengan Bapak Jondri, dosen Kalkulus I saya.

Triwulan pertama saya lalui dengan cukup sukses, capaian terburuk justru ada di mata kuliah Kalkulus I dengan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) 23. Dengan hasil seperti itu, sulit untuk mendapatkan indeks A, bahkan bisa jadi B pun sulit. Setelah melalui semester pertama, hasil pun keluar dalam bentuk huruf, bukan angka, dan akhirnya nilai Kalkulus I saya B.

Pada semester ke-2, saya mengambil Kalkulus II dengan kelas yang sudah ditentukan. Saya agak terlambat registrasi sehingga sangat sulit untuk berpindah kelas. Dosen saya saat itu adalah Ibu Firdaniza Lizar. Beberapa pekan setelah itu, saya mendengar kabar dari banyak teman bahwa Ibu Firda adalah istri dari Bapak Jondri. Sontak, saya pun kaget tak percaya, namun saya tetap tidak mempercayainya.

Hasil UTS Kalkulus II tidak jauh berbeda dengan Kalkulus I, 26. Namun, saya sedikit optimis melihat hasil kuis (ulangan harian) dan tugas yang mencapai 100%. Akhirnya, indeks Kalkulus II saya dengan usaha yang tidak semaksimal semester sebelumnya B.

Kini, tibalah pada semester yang baru saja saya selesaikan. Pada semester 3 ini, ada mata kuliah yang bernama Variabel Kompleks (Varkom), dahulu dinamai Kalkulus III. Di kelas, sesekali saya berbincang dengan teman mengenai isu di atas, namun sekali lagi saya belum percaya.

Singkat cerita, hasil UTS Varkom saya di bawah rata-rata (mungkin), yakni 17. Setelah hasil itu keluar, saya seolah putus harapan mengejar nilai baik untuk Varkom. Tetapi, lagi-lagi pagi tadi ketika saya melihat nilai di Gd. C IT Telkom—tempat database nilai-nilai mahasiswa—saya melihat huruf B.

Bapak Jondri dan Ibu Firda (diambil dari foto-foto Bapak Jondri di akun beliau di Facebook)

Beberapa hari yang lalu, saya menemukan akun Bapak Jondri di jejaring sosial Facebook. Kemudian, saya melihat foto-foto beliau. Satu dua foto saya lalui, dan akhirnya saya menemukan foto ini. Barulah saya percaya bahwa suami-istri ini adalah orang yang menemani saya belajar Kalkulus I sampai Kalkulus III dan saya selalu mendapatkan nilai B.

Cimahi, 25 Januari 2010
Rama Permana

4 responses to “B Untuk Tiga Semester Bersama Kalkulus dan Keluarga Jondri

Tinggalkan Balasan

