Siklus Juara Piala Dunia, Akankah Berulang?

Zakumi (Maskot Piala Dunia 2010)

Pasca pertandingan Belanda melawan Brasil kemarin malam, saya sempat mengobrol sekitar setengah jam bersama seorang kawan, Faizal, di sekretariat KAMMI. Kami sok menganalisis pertandingan yang baru saja berlangsung. Tidak lupa, kami juga memperkirakan juara piala dunia kali ini. Setelah mengobrol panjang lebar, akhirnya kami punya satu kesimpulan bahwa kans juara dipegang oleh Argentina. Mengapa? Simak analisis kami berdua di bawah ini.

Sejak penyelenggaraan piala dunia tahun 1966 di Inggris-yang juga dijuarai oleh Inggris, tidak pernah sekalipun satu benua berhasil menjuarai piala dunia dua kali berturut-turut, selalu bergantian amerika latin (zona conmebol) dan eropa (zona uefa). Jika disebut satu per satu, daftar juara dari tahun 1966 adalah sebagai berikut:

1966 Inggris (Eropa)

1970 Brasil (Amerika Latin)

1974 Jerman (Eropa)

1978 Argentina (Amerika Latin)

1982 Italia (Eropa)

1986 Argentina (Amerika Latin)

1990 Jerman Barat (Eropa)

1994 Brasil (Amerika Latin)

1998 Perancis (Eropa)

2002 Brasil (Amerika Latin)

2006 Italia (Eropa)

2010 ? (Amerika Latin)

Menilik pada hasil hingga artikel ini ditulis, maka peluang Argentina sangat besar untuk menjuarai Piala Dunia 2010. Dengan tidak mengesampingkan Paraguay dan Uruguay, Argentina pastinya ingin membuktikan kalau mereka bukan hanya berkualitas secara individu dengan menempatkan Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia, namun juga berkualitas secara tim dengan menjadi juara para perhelatan sepakbola terakbar sedunia ke-19 ini.

Rama Permana

Cimahi, 3 Juli 2010

4 responses to “Siklus Juara Piala Dunia, Akankah Berulang?

  1. he..he..selama bola itu bentuknya masih bulat,everything is possible gan..atau jangan2 ini skenario global untuk berbagi gelar..??agar tidak terjadi perang dunia karena pengkhianatan skenario..=D wallahua’lam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s