20th Milestone: Dua Pertiga Bagian Lagi

Cover DREAMS

Sekitar satu pekan lalu saya membaca buku tutorial berjudul DREAMS karya Bang Jiung (Hendry) dan Bang Asevy, trainer Elemen-T yang dulu sering berkomunikasi dengan saya. Setelah lebih dari tiga tahun tidak bertemu, ternyata mereka sudah membuat buku ketiga, buku yang khusus membahas tentang mimpi.

Diawali dengan kata-kata mutiara dari banyak tokoh sukses, hingga contoh daftar mimpi dari John Goddard. Daftar Goddard sangat menginspirasi karena ditulis ketika ia baru berusia 15 tahun. Tidak tanggung-tanggung, mimpi-mimpi yang ia tulis terbilang sangat tinggi, mulai dari mendaki gunung-gunung di dunia, menerbangkan pesawat, hingga pergi ke bulan. Tak kurang 100 dari 127 mimpi yang ia tulis telah berhasil dicapai.

Dilanjutkan dengan pembagian mimpi seperti meduca, mica, myfam, travelo, dan soca, saya mulai merenungkan 20 tahun hidup ini. Khusus pada bagian travelo, saya coba flash back tempat mana saja yang sudah pernah saya kunjungi. Saya teringat Adrian, seorang yang pernah dihadirkan dalam Kick Andy untuk bercerita tentang pengalamannya berkeliling Indonesia.

Setelah beberapa jam menuliskan daftar tempat yang pernah saya kunjungi, akhirnya didapatlah daftar provinsi yang pernah saya kunjungi dalam hidup ini. Provinsi-provinsi itu adalah:

  1. Jawa Barat, jelas ini provinsi kelahiran saya😀
  2. Sulawesi Selatan, ada cerita unik di pantai losari, mungkin suatu saat saya tulis ceritanya
  3. Banten, masa awal sekolah dasar
  4. Jawa Timur
  5. Sulawesi Tenggara
  6. Maluku
  7. Papua Barat, empat yang disebutkan terakhir adalah satu rangkaian perjalanan
  8. Bali, setahun sebelum bom Bali pertama
  9. Jawa Tengah, ke sebuah tempat yang menjadi keajaiban dunia
  10. DI Jogjakarta, saat mengikuti salah satu turnamen tingkat nasional
  11. DKI Jakarta, masa SMA

Sebelas dari 33 provinsi yang ada di Indonesia, suatu hal yang mungkin jarang didapat oleh orang Indonesia sendiri. Saya bersyukur sudah diberikan pengalaman sedemikian besar untuk menjelajah hingga ke bagian paling timur Indonesia.

Sadar betapa sulitnya mengelilingi negeri ini, saya justru menambah daftar tempat yang ingin dikunjungi. Saat ini saya sedang menyusun 100 daftar tempat yang ingin dikunjungi. Tak hanya itu, keseratus tempat itu juga harus mencakup seluruh provinsi. Artinya, masih ada 22 provinsi atau dua pertiga bagian lagi yang harus dijelajahi.

Anda punya usul atau ingin berbagi cerita keliling Indonesia? Silakan berkomentar.😀

Tinggalkan Balasan

