Never Ending DIE HARD

Dikenal sebagai Letnan John McClane, diperankan oleh Bruce Willis, rangkaian cerita Die Hard tak pernah memiliki rating kurang dari 7 di Internet Movie Database. Die Hard muncul di tahun 1988, diikuti sequelnya tahun 1990, 1995, dan 2007. Film ber-genre action, crime, dan thriller ini memang cukup konsisten dalam memoles setiap laga para aktornya.

Konon, sebelum diberikan kepada Bruce Willis, peran McClane akan diberikan kepada Arnold Schwarzenegger. Nyatanya, Bruce Willis tidak mengecewakan para penikmat film. Saya melihat Bruce Willis sebagai aktor yang pantang menyerah, biasa hidup keras, tetapi wawasannya sempit. Setidaknya itu tercermin dari film-filmnya yang pernah saya tonton, rangkaian Die Hard dan Mercury Rising. Wibawanya tak sebaik Denzel Washington seperti di film Deja Vu, Man on Fire, Great Debaters, atau John Q. Instingnya pun tak sebagus Matt Damon di trilogi Bourne atau Departed. Tetapi, Die Hard menyampaikan pesan bahwa menjadi superhero itu tidak mudah, harus berdarah-darah dalam arti yang sebenarnya.

Die Hard (1988)

Dalam film ini Lt. McClane, yang merupakan anggota NYPD, sedang berlibur 25 Desember mengunjungi istrinya, Holly Gennero McClane, malam tanggal 24 Desember di LA. Pada malam itu pula terjadi perampokan seluruh aset, surat berharga perusahaan Nakatomi bernilai 700-an juta dolar amerika. Perusahaan Nakatomi adalah tempat dimana Holly bekerja. Pemimpin perampokan itu bernama Hans Gruber, asal Jerman, diperankan oleh Alan Rickman (pemeran Prof. Severus Snape di film Harry Potter).

Die Harder (1990)

McClane kembali sedang dalam liburan 25 Desember, menjemput istrinya di bandara Dulles, Washington. Beberapa saat sebelum pesawat yang memuat istrinya landing, sekelompok penjahat kali ini melakukan sabotase pesawat sekaligus kendali bandara. Tim SWAT yang turut membantu penyergapan ternyata juga merupakan sekongkolan mereka. Aksi McClane kali ini hanya di seputar bandara. Meski begitu, tetap layak untuk ditonton.

Die Hard with a Vengeance (1995)

Lt. McClane dan NYPD dalam film ini dipermainkan oleh perampok yang mendalangi pencurian emas di salah satu Bank di New York. Simon, pemimpin perampok tersebut, mengalihkan perhatian seluruh keamanan NY, khususnya Lt. McClane, agar mereka leluasa menjalankan aksinya. Simon diceritakan sebagai saudara kandung dari Hans Gruber yang mati di Gedung Nakatomi. Simon bermaksud melakukan balas dendam terhadap McClane.

Live Free or Die Hard (2007)

Kemajuan teknologi pada sequel ke-4 ini cukup pesat. Semua sumber daya di Amerika sudah terkomputerisasi, sehingga memudahkan sang perampok untuk mengambil seluruh aset Amerika dari satu tempat saja. Pemimpinnya kali ini diperankan oleh Timothy Olyphant, pemeran agen 47 di film Hitman. Di film ini juga muncul kembali Lucy McClane, anak perempuan John McClane, yang sudah remaja. Dalam film ini terjadi pertarungan yang sangat kontras antara kekuatan dan teknologi.

Pada oktober 2011 lalu, Die Hard 5 (A Good Day to Die Hard) sedang dalam masa pra produksi dan menurut rencana akan tayang awal tahun 2013. Dengan diliputi banyak keberuntungan di setiap aksinya, John McClane mungkin akan berhasil membuat puluhan sequel Die Hard lainnya, hehe..😀

Cimahi, 2 Februari 2012
Rama Permana

*sumber gambar dari berbagai situs

3 responses to “Never Ending DIE HARD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s